Media Massa

Artikel Media dan Komunikasi Massa

Post Page Advertisement [Top]


 25 Karir Cemerlang lulusan Ilmu Komunikasi di Dunia Politik, Masa Depan Cerah!

Jurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan favorite yang semakin dibutuhkan di masa yang akan datang. Tidak salah jika banyak jargon yang menyebut jurusan ini sebagai ‘jurusan masa depan.’

Apakah karena banyak orang tidak mampu melakukan komunikasi? Bukan, namun proses komunikasi semakin sulit bin ruwet. Dari waktu ke waktu perangkat saluran komunikasi semakin bertambah dari manual ke digital, dari satu arah ke banyak arah. Oleh karena itu, ilmu komunikasi hadir untuk menunjukkan jalan ruwet proses komunikasi tersebut, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. 

Dewasa ini, makna dan pengaruh sebuah brand semakin penting di dunia politik,hal ini membuat peran lulusan Ilmu komunikasi semakin dibutuhkan. Jurusan favorite tersebut memiliki masa depan yang cerah dalam politik praktis. 

Seperti kita ketahui politik pada dasarnya adalah melakukan cara baik untuk mencapai tujuan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah-langkah politik untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah menumbuhkan kepercayaan masyarakat, tanpa kepercayaan akan muncul kecurigaan, dan efeknya semua langkah politik akan tersendat. Peran ilmuwan komunikasi adalah menciptakan iklim saling percaya. Beberapa profesi yang bisa diisi oleh mahasiswa ilmu komunikasi di dunia politik antara lain:

1.    Manajer Kampanye.

Menjadi manajer kampanye adalah peran ilmuwan komunikasi yang bisa dipilih, di mana manajer kampanye  menjadi dirigen dalam mengatur kampanye politik. Dalam hal ini kemampuan menjalin komunikasi dengan berbagai stake holder untuk menciptakan kampanye yang baik dari segi kuantitas dan kualitas

2.    Public Relation partai politik.

Public Relation menjadi bagian terpenting untuk memperbaiki proses komunikasi partai politik dengan masyarakat. Public relation tersebut akan memiliki peran dalam menjaga good will (nama baik) partai.

3.    Goverment Relation.

Saat ini kita mengenal istilah Profesi Tenaga Ahli Presiden bidang Informasi/ Public relation dan Bidang Komunikasi Politik. Keduanya berperan sebagai saluran komunikasi pemerintah dengan masyarakat.

4.    Tenaga riset tentang pendapat umum.

Melakukan riset pendapat yaitu melakukan survey pendapat masyarakat tentang fenomena atau pilihan tertentu. Riset tersebut dibutuhkan untuk mengambil keputusan berikutnya dan menganalisa kebijakan sebelumnya.

5.    Hubungan antar daerah (internal publik)

Soft skill lulusan ilmu komunikasi berperan dalam melakukan hubungan antar daerah. Dalam hal praktis adalah menjalin hubungan erat terutama dengan kepala adat di daerah tertentu agar tidak terjadi gesekan dalam menjalankan satu kebijakan.

6.    Entrepreneur Relation untuk penggalangan dana.

Ilmuwan Komunikasi bisa menjalin relasi dengan berbagai pihak untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pengusaha dalam pengumpulan dana. Tentu ada timbal balik nilai yang bisa ditawarkan. Pemberi dana mendapatkan publisitas, atau kelancaran usaha, dan partai tentunya mendapatkan dana.

7.    Media Planning dan desain.



Seorang lulusan Ilmu Komunikasi berperan penting dalam melakukan conference press tentang semua keputusan pemerintah. Kemampuan dalam mengatur jalannya conference tergantung desain sang ilmuwan. 

8.    Periklanan politik (political advertising).

Cara paling ampuh untuk menciptakan nama baik adalah melalui iklan. Lulusan ilmu komunikasi berperan dalam menciptakan iklan yang baik dengan media massa di saluran komunikasi massa lainnya.

9.    Copy Writer untuk penulisan orasi politik, pidato, artikel, dan iklan politik.

Menjadi copy writer adalah salah satu profesi yang paling bergengsi dan penting. Sarjana komunikasi akan menciptakan brand positif melalui teks pidato, teks artikel, dan teks iklan ke khalayak. Kemampuan menulis jadi barang mahal yang sangat dicari di dunia politik. 

10. Penghubung biro reklame, iklan dan media (media relations).

Profesi ini menjadi bagian penting bagi partai politik. Anda bertugas menjalin kerja sama yang baik dengan media. Anda bisa melakukan kampanye secara luas dengan bantuan dari media. Tanpa media kampanye yang anda lakukan hanya terbatas di wilayah tertentu tanpa diketahui secara nasional.

11. Public speaking (juru kampanye-jurkam).

Lulusan Ilmuwan komunikasi bisa menjadi juru kampanye partai politik. Profesi ini membutuhkan skill mengolah kata menjadi orasi yang menarik bagi masyarakat. Juru kampanye merupakan saluran komunikasi langsung tatap muka. di mana tugas utama Anda adalah menarik kepercayaan dan antusias masyarakat. 

12. Master of ceremony.

Profesi ini sudah akrab di telinga Anda bukan? Yap, menjadi MC (Master Ceremony) atau pembawa acara. Seorang lulusan ilmu komunikasi memiliki peran dalam membawa dan menghidupkan suatu acara. Untuk hal ini MC yang bisa menjadi panutan adalah Yahya bersaudara, Tantowi Yahya dan Helmi Yahya. Keduanya mampu membawa acara menjadi lebih hidup dan lebih elegan.

13. Penerbitan media internal untuk partai politik seperti jurnal, buletin dan warta khusus.

Lulusan ilmu komunikasi bisa menjadi redaktur media di internal partai politik dengan menerbitkan jurnal buletin, dan warta khusus. Media ini merupakan saluran komunikasi internal di dalam partai, sehingga seluruh stake holder internal mengetahui semua informasi yang ada di dalam partai tersebut. Selain itu, media internal bisa menjadi dokumentasi penting bernilai kelak bernilai sejarah bagi partai.

14. Presenter dialog politik dalam media radio dan televisi.

Anda pasti kenal para presenter di berbagai media yang begitu lihai mengorek informasi penting dari narasumber terutama dari para politisi. Nama-nama tersohor di media antara lain; Karni Ilyas, Aiman, Nazwa Shihab, Deddy Cahyadi (Dedde Corbuzier), dan lain lain.  Sarjana komunikasi bisa mengisi posisi ini dengan berbekal ilmu psikologi komunikasi. 

15. Design website untuk internet.

Nah, profesi ini merupakan profesi penting dan sangat dibutuhkan. Profesi ini menentukan wajah dan citra politisi di dunia maya. Menjadi designer website adalah menciptakan image bagus melalui laman website. Profesi ini bisa menjadi penentu brand partai karena content yang diupload di website. Bisa jadi profesi ini menjadi orang yang paling kaya, karena bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui penjualan slot iklan di laman website. 

16. Kliping berita dari berbagai media cetak.

Profesi ini memerlukan ketelitian dan kesabaran karena harus melakukan pengamatan terhadap berita tertentu dan membuat clipping. Hal ini bertujuan untuk mengetahui framing sebuah berita. Kalau anda suka melakukan kliping artikel dari koran atau majalah, profesi ini sangat cocok untuk Anda.

17. Monitoring siaran radio dan televisi.

Sama halnya dengan clipping berita, monitoring siaran TV dan radio adalah mencari tahu framing suatu berita dari TV dan Radio. Bedanya anda harus mengetahui jadwal acara beberapa stasiun televisi maupun radio. Dengan begitu anda mudah melakukan monitoring berita di saat-saat tertentu. Profesi ini juga bertugas untuk mengetahui arah kebijakan organisasi media tersebut.

18. Juru kamera dan fotografer untuk kegiatan partai politik.

Profesi juru kamera merupakan peran pening sebagai dokumentasi berbentuk gambar kegiatan partai politik. Profesi ini membutuhkan keahlian dibidang fotografi, hal ini tentu untuk menghasilkan foto yang lebih memikat dan memberi kesan mendalam bagi yang melihat.

19. Pustakawan partai politik.

Profesi pustakawan tentu tidak hanya di dunia pendidikan. Pustakawan juga ada di partai politik. Profesi pustakawan tentu bukan sebaai penjaga buku saja, namun anda adalah gerbang informasi di dalam partai politik. Anda menjadi ‘master’ informasi yang sangat dibutuhkan partai. Tanpa pustakawan mungkin partai akan termakan arus informasi hoax yang mungkin menyesatkan.  

20. Koordinasi arts dan da’i.

Pada saat kampanye tentu dibutuhkan sosok /tokoh yang bisa menghadirkan massa. Nah, salah satunya adalah mengajak artis atau da’i yang disukai masyarakat. Kemampuan komunikasi personal menjadi sangat dibutuhkan untuk menggaet para artis dan da’i tersebut dan bekerja sama mengumpulkan massa kampanye.

21. Event organizer untuk kegiatan-kegiatan partai.

Tidak bisa dipungkiri, setiap partai sering sekali melakukan event-event besar untuk mengumpulkan massa. Para sarjana komunikasi bisa mengambil bagian sebagai  kordinator dan mengorganisir jalannya event agar berjalan sukses. 

22. Negosiator dan kelompok persuasi.

Lulusan Ilmu komunikasi juga memiliki keahlian dalam hal melakukan persuasi. Hal ini sesuai dengan ilmu yang diajarkan di bangku kuliah, yakni ilmu komunikasi antar kelompok dan komunikasi antar budaya. Sehingga, ketika partai ingin melakukan persuasi dengan satu golongan, maka sarjana komunikasi berada di barisan terdepan, 

23. Intelijen yang memonitor semua ucapan dan perilaku komunikasi politik lawan.

Yups, Profesi ini cukup keren yaitu menjadi intelijen. Kemampuan ini juga dimilki oleh sarjana ilmu komunikasi. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan ilmu analisis isi pesan dan retorika, sehingga konteks dan gestur lawan politik dapat dianalisa dengan tepat.

24. Penggalangan massa melalui komunikasi tatap muka, baik untuk tokoh formal dan informasi maupun untuk massa akar rumput (grossroot).

Profesi ini juga bisa diambil alih sarjana ilmu komunikasi. Dimana partai ingin menggaet berbagai pihak agar masuk dalam golongan partai. Para lulusan ilmu komunikasi pada galibnya bisa memerankan posisi ini, yakni berhubungan tatap muka/berdialog dengan tokoh desa/adat. Sehingga, kerja sama dapat terjalin dengan hangat.

25. Buzzer/simpatisan Sosial media.


Nah, yang terakhir, menjadi buzzer/simpatisan di sosial media. Politik pada akhirnya membutuhkan membuka lowongan ini kepada berbagai pihak, namun jurusan yang paling bagus mengisi jabatan ini adalah ilmu komunikasi. Selain karena jago mengatur arus komunikasi, mahasiswa komunikasi juga jago dalam beradu argumen. Dan pada akhirnya keputusan politik mendapat dukungan di dunia maya.

Bagi anda lulusan ilmu komunikasi, suka bermain media sosial, jago merangkai kata, punya banyak follower, dan tentunya memiliki akal sehat dan berimbang, maka profesi ini merupakan kesempatan anda untuk berkarya.

 


No comments:

Popular Posts

Bottom Ad [Post Page]