Media Massa

Artikel Media dan Komunikasi Massa

Post Page Advertisement [Top]





Setelah melakukan pegamatan ternyata banyak mahasiswa yang copy ni artikel.. So. kalau mau copy masukin sumbernya ya...

by Bg Juna 
JGN lupa follow IG @juna_sihombing @mediamassa.id


Media parter, media sponsor, dan media darling, ketiga barang ini memiliki perbedaan konsep yang mendasar yaitu: Media partner lebih mengarah kepada kerja sama media dengan perusahaan untuk menyebarkan informasi yang ada pada seseorang/perusahaan sedangkan media sponsor merupakan sebuah kerja sama seseorang/perusahaan dengan media untuk menyebarkan informasi sekaligus meningkatkan nama baik seseorang/perusahaan, sedangkan media darling adalah keadaan seseorang/perusahaan yang menjadi kawan media dalam mendapatkan informasi. Bahkan, segala informasi yang datang dari perusahaan tersebuat bisa menjadi sebuah berita yang diinginkan masyarakat. Hal ini bisa diakibatkan karena keunikan maupun perbedaan yang ditawarkan seseorang/perusahaan dalam wawancara dengan wartawan.

Bila melihat pengertian masing-masing, maka media patner adalah kerjasama sebuah orang/instansi/ganisasi dengan media untuk menyebarkan sebuah informasi. Media patner menjadi penting bagi seseorang/ perusahaan karena mereka mebutuhkan satu publisitas untuk memperkenalkan dan memberikan informasi segala hal tentang mereka kepada khalayak rame.

Orang/perusahaan yang telah memiliki media partner akan cenderung lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Sehinga, dengan seringnya media memberitaka mereka maka akan sangat mudah sekali bagi mereka untuk mencuri hati dan menciptakan sebuah fenomena baru.

Media sponsor adalah  kerjasama sebuah orang/instansi/organisasi dengan media untuk meningkatkan profil (nama baik) dan mempublikasikan eventnya. Kerjasama ini sangat penting khusunya pada seseorang/perusahaan yang memilki sedikit modal untuk mempublikasikan event yang mereka miliki.

Dengan adanya Media sponsor maka informasi mengenai event yang direncanakan akan lebih mudah menyebar dan mendapat bantuan dari berbagai instansi. Dengan demikian, nama baik perusahaan juga akan menjadi lebih baik ditelinga banyak orang 

Media darling adalah Seseorang atau perusahaan  yang kegiatannya selalu diliput secara luas oleh media massa. Hal ini mengacu kepada media yang senang dengan seseorang/perusahaan. Dimana media merasa mendapat keuntungan yang besar dalam memperoleh segala informasi dari Seseorang/Perusahaan. Selain itu, masyarakat juga menjadi factor utama yang membuat media terus-terusan menggali informasi tentang seseorang yang menjadi media darling.

Terdapat beberapa rahasia yang menjadikan sebuah perusahaan/sesorang menjadi media darling yaitu: Menunjukkan semangat ketika diwawancarai. Omongannya mudah dipahami. Menghindari istilah-istilah yang spesifik untuk industry tertentu, tahu kapan harus tutup mulut, berusaha untuk tidak mengatakan “no comment”

Media darling lebih tepatnya disebut sebagai puncak dari relasi seseorang/perusahaan terhadap media. Hal disebabkan karena seseorang/perusahaan yang menjadi media darling akan terlihat seperti orang yang ‘tidak pernah salah’ hal ini terlihat pada sosok mantan walikota Solo. Dimana pembawaannya yang sangat berbeda dari pemimpin atau pejabat lainnya membuat ia menjadi terkenal.

No comments:

Popular Posts

Bottom Ad [Post Page]